Pulau Dewata Bali, selalu menjadi impian banyak orang. Tak sedikit yang memimpikan bisa berlibur ke pulau yang memiliki sejuta pesona ini, disamping wisata alamnya bali juga terkenal dengan berbagai jenis kuliner khas pulau bali. Seperti :

Ayam/Bebek Betutu Bali
Ayam Betutu merupakan salah satu makanan khas Bali yang terbuat dari ayam atau bebek dan proses pembuatanya sendiri memakan waktu yang cukup lama sehingga bumbunya sangat meresap hingga kedalam dan dimasak hingga lunak dengan sedikit rasa pedas. selain ayam atau bebek betutu penyajiannya juga sering dilengkapi dengan sayur kangkung khas bali atau sering disebut dengan pelecing kangkung. masalah rasa ngak usah ragu karna ayam atau bebek betutu ini sanggat terkenal di seluruh bali.

Nasi Babi Guling
Salah satu makanan khas Bali, nasi guling ato babi guling, sajian yang berbahan dasar daging babi panggang. Beberapa lauk khas yang umunya terdapat di nasi guling adalah : lawar, sosis babi ( urutan ), krupuk kulit babi, kulit babi yang dipanggang, dan kadang – kadang disertai dengan kuah sayur nangka. Di pulau bali babi guling sangat terkenal bukan hanya bagi masyarakat bali tetapi wisatawan mancanegara pun berlomba-lomba untuk mencicipi masakan bali yang satu ini.

Sate Lilit Bali
Makanan berupa sate tidak selalu daging yang disayat atau dipotong-potong lalu ditusuk sebelum dibakar. Begitu pula untuk sate lilit yang merupakan santapan khas pulau Dewata. Bahan dasar sate ini adalah ikan laut berukuran besar, seperti tuna. Daging ikan ini dilembutkan dan diberi bumbu, santan, serta parutan kelapa. Ketika bumbu sudah menyatu dengan ikan, sate mulai bisa dibentuk dengan mengepal daging ikan memanjang di tusuk sate. Sate lilit dibakar dan siap dinikmati bersama sepiring tupat, semangkuk sup ikan, dan plecing kangkung.
Rasanya sedikit pedas dan aroma khasnya ketika dibakar dijamin bikin ngiler. Apalagi bagi penikmat makanan dan penggemar pedas.