Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (ASITA) merekomendasikan kepada Departemen Perhubungan untuk membuka penerbangan langsung dari kawasan Eropa ke Bali. Rekomendasi ini disampaikan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan Eropa ke Bali.

Asita menilai selama ini tingkat kunjungan wisatawan Eropa ke Bali masih terbatas karena tkurangnya penerbangan dari Eropa ke Bali. Padahal minat wisatawan Eropa untuk berkunjung ke Bali cukup tinggi.

Ketua Asita Bali Al Purwa pada keteranganya di Renon (29/12) mengungkapkan, wisatawan Eropa pada dasarnya merupakan wisatawan yang sangat potensial bagi pariwisata Bali.

Sebab dari segi nilai belanja wisatawan Eropa per orang per hari mencapai 50-100 dolar. Selain itu dari segi lama tinggal rata-rata antara 2 minggu hingga 1 bulan.

”Pertama mereka datangnya dari jarak yang jauh. Kalau seseorang terbang dalam jarak yang jauh dia kan selalu mengatur jadwal liburannya lebih panjang.” tegas All Purwa.

Ketua Asita Bali All Purwa menyatakan optimis, jika penerbangan langsung dari Eropa menuju Bali dibuka maka jumlah kunjungan wisatawan ke Bali secara total pada tahun
mendatang mencapai 2,5 juta wisatawan.

Sedangkan berdasarkan Dinas Pariwisata Bali merencanakan untuk memasang target jumlah tingkat kunjungan wisatawan pada tahun 2010 sebesar 2,2 juta wisatawan. (mlt)